Posting Terbaru

Rabu, 01 April 2009

Roket Prestisius Buatan Indonesia


Para anak bangsa di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sedang membuat proyek prestisius: ROket Pengantar Satelit (RPS). Sesuai namanya, roket itulah yang akan menghantarkan satelit ke orbit, kalau sukses, Indonesia masuk jajaran negeri elite di tehnologi Antariksa.
Salah atu ilmuwannya perempuan, namanya Dr. Rika Andiarti (Kepala Kidang Kendali Lapan). Beliau Doktor lulusan Ecole Centrale de Nantes, Prancis.menurut


Nama roketnya RPX 420 yang rencananya diluncurkan dua bulan mendatang. Pembuatannya di Pusat Tehnologi Wahana Dirgantara (Pustekwagan) tepatnya berada di desa Mekarsar, Rumpin, Kabupaten Bogor, lokasinya sangat terpencil dan jalannya rusak parah.
Padahal saya pingin mengajak siswa-siswaku kunjungan ke sana. Yah…. karena jalannya masih rusak kapan-kapan sajalah!.
Menurut Dr. Rika, ‘Saat ini Lapan sedang memiliki program besar. Yakni, meluncurkn satelit dari bumi Indonesia”. Hebat ya… DR. Rika, beliau belajar secara otodidak, belajar sendiri dari literature, kalau belajar ke luar negeri takut ndak boleh pulang.
Menurut beliau juga kepada Indo Pos (Jawa Pos Group), “RPX420 merupakan roket terbesar yang pernah dibuat Lapan. Diperkirakan memiliki bobot 1 ton”.
Padahal di sekolah, kita baru mampu membuat Roket Air. Kasihan deh kami…..tapi lumayanlah sama-sama Roketnya. Ha…ha..ha!
Saya mau membangun mimpi lagi ah… diundang diklat di Jakarta. Pasti saya akan mampir ke Pustekwagan. Doakannya!. Amin!.



Reaksi:

4 komentar:

  1. gak bisa kirim satelit pake jin botol?

    BalasHapus
  2. Bisa ... bisa, kapan-kapan kita coba!
    Tapi kemana kita cari jinnya ...?.

    BalasHapus
  3. gampanglah itu......semua kan ada ilmunya, tapi......jangan2 ntar ditangkap densus88......he...he, ga jadi deh meluncur roketnya.......

    BalasHapus