Posting Terbaru

Minggu, 05 April 2009

EM4 (Effective Microorganism)


Effective microorganism (EM) merupakan biodekomposer yang banyak digunakan di dalam proses pembuatan kompos. Bakteri pengurai ini akan membantu pembuatan kompos menjadi lebih singkat, mudah dan berkualitas lebih baik. Effective microorganism dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Effective microorganism memiliki kandungan mikroorganme yang sangat banyak, beberapa diantaranya yang sering digunakan untuk fermentasi (sebagai fermentator) bahan-bahan organic adalah bakteri Streptomyces, ragi (yeast), Lactobacillus dan bakteri fotosintetik.
Effective microorganism dibuat dari bahan-bahan yang mengandung mikroorganisme pengurai, antara lain isi perut binatang atau ternak rumanansia. Seperti kambing/domba atau sapi, berupa rumput-rumputan yang sudah dicerna oleh lambung hewan-hewan tersebut. Bahan-bahan ini bisa didapatkan dari ternak yang sudah dipotong dirumah pemotongan hewan. Selain itu dibutuhkan susu, terasi, dan bahan-bahan pelengkap lain. Setelah difermentasikan, bahan-bahan ini menjadi starter sampah organic agar dapat terurai menjadi kompos siap pakai. Kompos yang dibuat menggunakan EM disebut Bokashi.

Reaksi:

3 komentar: