Posting Terbaru

Minggu, 05 April 2009

Cara Pembuatan EM4

Berikut ini cara pembuatan EM yang sudah banyak dilakukan masyarakat, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat.
1. Bahan dan alat
- Susu sapi murni dua liter
- Isi perut (lambung) kambing atau sapi secukupnya.
- Gula pasir 1 kg
- Bekatul 1 kg
- Nanas 1 buah
- Terasi ½ kg
- Air bersih 10 liter
- Panci
- Parutan atau blender
- Kompor

2. Cara Membuat
- Haluskan buah nanas dengan mengunakan blender/parutan. Campurkan dengan gula pasir, bekatul, terasi dan air bersih di dalam panci. Masak sampai mendidih, lalu dinginkan.
- Tambahkan susu sapi murni dan isi lambung kambing atau sapi, aduk hingga tercampur rata.
- Tutup panci rapat-rapat hingga 12 jam atau satu hari.

Reaksi:

22 komentar:

  1. bisa lebih detail nggak cara pembuatannya? kok seperti membuat masakan, banyak bumbu2nya

    BalasHapus
  2. Gula dan nanas fungsinya buat makanan mikroorganisme, bekatul mengandung vitamin B1 buat vitamin mikroorgamisme, terasi buat merangsang tumbuhnya mikroorganisme.

    Makanya membuatnya seperti membuat masakan.

    Pembuatan EM dianggap berhasil apabila muncul gelembung-gelembung dipermukaan bahan.

    BalasHapus
  3. bekatul itu apa ya? dan berapa banyak diperlukan isi perut lembu? dan selain susu sapi murni bisa diganti bahan lain gak?

    BalasHapus
  4. bekatul jenis apa ulat atau tanaman

    BalasHapus
  5. bekatul ko ulat sih..... bekatul itu kalo di jepang disebutnya nasi diet..... kaya vitamin, harganya lumayan mahal, karna skrg sdh termasuk komoditas ekspor ....

    BalasHapus
  6. kenapa tidak pakai molase???
    bagai mana cara menidurkan bakteri selama di dalam botil
    dan cara mengaktuvkan nya kayak mana??

    BalasHapus
  7. owalah aku ra mudheng he.....

    BalasHapus
  8. kalo sdh ada EM4 tapi mau diperbanyak dg kwalitas sama tanpa menggunakan isi lambung dan susu bisa apa tidak?

    BalasHapus
  9. mbah noyo genggonk10 Mei 2011 07.22

    isi perut (rumen) lambung pertama kambing atau sapi kalau mau dibuat EM4 kan mesti dicuci pake cuka, karna masih mengandung mikroba pathogen. kalau langsung dicampur bahn lain tanpa dicuci sama aja kita membiakkan bacteri pathogen dong? saya punya resep bikin EM 4 lebih canggih sudah diuji coba hasilnya bagus. mau.......?

    BalasHapus
  10. mbahnoyogenggonk@yahoo.co.id10 Mei 2011 07.27

    trus gawene dimasak? pora mati kabeh bacterimu yu yu...

    BalasHapus
  11. ketika gabah di selep menjadi beras, harus melewati mesin pemecah kulit dan pemutih beras.. sisa yang keluar dari mesin pemutih beras disebut bekatul..

    BalasHapus
  12. wkwkwkkk...mbah noyo gonggong eh genggong marakke ngguyu ae....

    BalasHapus
  13. wkwkwkkk...mbah noyo gonggong eh genggong marakke ngguyu ae....

    BalasHapus
  14. bekatul itu sisa penggilingan padi yang buat makan ayam, kalo molase itu kan tetes tebu (udah diganti dengn gula pasir cos tetes tebu susah didapatkannya)

    BalasHapus
  15. 1. susu sapi murni bisa beli dimana di daerahku,ga ada peternak sapi, dan kalo ada jualannya merknya apa?
    2. fungsi susu sapi dan lambung
    3. cara pembuatan habis 3 poin itu sudah bisa dikatan jadi EM4 belum dan dah siap dipake?

    BalasHapus
  16. mbah noyo genggong
    bener sekali mbah untuk membiakkan mikro organisme kok dimasak
    kan mikroorganisme ada yang mati dalam suhu tertentu.
    gimana caranya mbah noyo yang bener itu

    BalasHapus
  17. Ada EM4 untuk ternak dan untuk tanaman.
    Ini kok respnya sama kayak resep EM4 utk tanaman ?
    yakin Nih ?

    BalasHapus
  18. hahahahahaha baca komentar temen" bikin ngakak aj... :D

    BalasHapus
  19. pembuatan seperti itu bnyak resikonya, diantaranya :
    - bakteri apa aj yg berkembang??karna ga smua bakteri yg pro yg berkembang..smua campur aduk tdk selektif
    - bakteri akan berkembang trus klo tdk didormansikan (ditidurkan)
    - populasi bakteri jg tdk tau sehingga dosis penggunaan yg baik jg tdk tau
    - memungkinkan jamur jg berkembang karena prosesnya tdk steril
    - tidak didukung oleh bakteri pro yg lain karena hanya mengandalkan isi rumen
    - dan resiko" lainnya...

    ak jual bakteri StarbiO cuma 13.000/kg (merk terdaftar) search aj diinternet -082112585563- dion

    BalasHapus
  20. pembuatan yg benar contohnya seperti di sini (sekedar contoh)
    http://www.aquaculture-mai.org/index.php?option=com_content&view=article&id=210:viabili..

    BalasHapus
  21. aku lg bikin bahan campuran air pel dr EM4..mau tak campur sabun, mati ga ya bakterinya ?

    BalasHapus
  22. aku lg bikin bahan campuran air pel dr EM4..mau tak campur sabun, mati ga ya bakterinya ?

    BalasHapus