Posting Terbaru

Selasa, 31 Maret 2009

Mouse Komputer


Saat ini, barangkali kita sudah sangat akrab dengan benda yang namanya mouse komputer. Meski nampaknya sepele, benda sebesar kepalan tangan ini sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari, utamanya yang selalu berhubungan dengan komputer.

Tapi, tahukah Anda bahwa mouse awal mulanya hanya bisa dipakai oleh orang yang terlatih di bidang grafis. Sebab, pada sekitar tahun 1968, komputer memang masih sangat jarang. Penggunanya hanya kalangan terbatas. Bahkan, untuk mengoperasikan pun butuh keahlian tertentu.

Karena itu, seorang penemu di bidang komputer, Douglas Engelbart, mencoba membuat sebuah alat untuk memudahkan proses kerja jika seseorang menggunakan komputer. Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Douglas yang dikenal sebagai pemuda cerdas dengan 40 lebih penemuan yang sudah dipatenkan, kemudian mendemonstrasikan alat bantu itu dalam acara Fall Joint Computer Expo di San Francisco pada 9 Desember 1968.

Sejak saat itu, arah perkembangan komputer berjalan makin cepat. Bahkan, bisa dikatakan, benda yang mirip tikus, karena kabel kecilnya di tengah menjulur panjang seperti ekor tikus,oleh sebab itu maous juga dikenal dengan nama tetikus. telah mengubah jalan industri komputer dunia. Komputer jadi lebih user friendly hingga komputer bisa dipakai oleh siapa saja. Namun, tak hanya itu, Douglas pun kemudian terus berinovasi. Ia di antaranya memelopori telekonferensi melalui komputer, pembuatan hypermedia, dan aneka perangkat penunjang untuk komputer lainnya.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Berbagai penemuan itu membuat Douglas pada tahun 1998 mendapat penghargaan National Inventors Hall of Fame. Ia juga sempat mendapat penghargaan dengan nilai terbesar dalam sejarah penemuan, yakni US$500 ribu dari Lemelson-MIT. Meski begitu, ia selalu merendah. Baginya, semua yang dilakukan adalah untuk menginspirasi orang lain, agar lebih banyak orang mampu berjuang mewujudkan impiannya

Reaksi:

6 komentar:

  1. kalau saat ini Mouse masih memakai sistem laser tapi saat ini ada muose yang menggunakan sistim kerja jarak jauh cara kerjanya seperti microfon yg gak pake kabel itu lo bu ibu tau kan microfon yg g pake kabel itu cara kerjanya mouse z seperti itu.jadi kita bisa pegang mouse jauh dari komputer. tahun depan saya akan mengeluarkan keyboard komputer yg sistim kerjanya memakai sistem laser kan itu blom ada heheheeee.....

    BalasHapus
  2. bu kenapa sich yang kok yg ditampilin fotonya kelas 1,2 ja kok kelas 3nya g da?

    BalasHapus
  3. kok hanya anak mesin mana anak listriknya rasanya g enak dech klo kurang lengkap?

    BalasHapus
  4. Anak listriknya banyak. Kelas 3 nya belum waktunya mejeng, nunggu lulus he3X!

    BalasHapus