Posting Terbaru

Sabtu, 04 Juni 2011

Rendam Kaki dan Pemijatan Atasi Sulit Tidur


Rendam kaki. Aktifitas sederhana sangat bermanfaat mengatasi sulit tidur. Benarkah? Kalau tidak percaya silahkan mencoba.
                Kita butuh tidur setidaknya enam jam sehari untuk hidup sehat. Dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, terutama yang tinggal di kota besar, tampaknya persyaratan tidur enam jam makin sulit di penuhi. Bagaimana dengan masyarakat pedesaan?. Ternyata sama saja. Apalagi mereka yang memiliki usaha.
                Kurang tidur kronis ternyata punya kaitan dengan penyakit serius sepertii penyakit jantung, diabetis militus dan obesitas. Saya punya kenangan dengan salah seorang teman guru di sekolah. Beliau sulit tidur apalagi jika sedang ada banyak tugas dan masalah. Namun anehnya badannya bukannya bertambah kurus melainkan bertambah gemuk. Bahkan cenderung obesitas. Ternyata, pada saat begadang, makan jalan terus, terutama makanan ringan yang banyak mengandung MSG.  Hasilnya tubuhnya semakin bulat seperti bola. Berbeda apabila beliau sedang tidak banyak beban kerjamaupun sedang tidak ada masalah. Tubuhnya bisa turun beberapa kilo dan terlihat seksi. 
                Tehnik merendam kaki. Apabila kita mengalami kelelahan terutama kelelahan pikiran, mandi dengan air hangat sepulang kerja. Rendam kaki dengan air hangat. Pertama kaki direndam air panas semata kaki. Kemudian tambah dengan air panas sedikit demi sedikit. Air itu harus cukup panas. Untuk membuat kaki yang terendam air terlihat kemerahan. Lakukan selama 15 menit atau 20 menit.
                Tehnik merendam kaki ini saya peroleh dari nenek saya. Pada waktu sekolah, karena banyaknya kesibukan organisasi sekolah yang harus saya jalankan. Nenek selalu menyiapkan air hangat untuk mandi dan menyiapkan rendaman kaki setiap kali pulang kegiatan sekolah.  Dilanjutkan tidur tanpa alas kepala (bantal). Tujuan utamanya supaya saya bisa rileks dan cepat bisa istirahat (tidur) sehingga bisa bangun tengah malam dalam keadaan lebih nyaman. Masalahnya nenek saya disiplin sekali menjalankan sholat malam atau sholat tahajud. Sejak kecil cucu-cucunya sudah dibiasakan bangun tengah malam sekitar jam 03.00 WIB. Sehingga menjadi kebiasaan hingga dewasa.
                Bila tehnik peredaman kaki tidak membuahkan hasil, baru dilakukan pemijatan.                Sekarang kegiatan ini saya biasakan juga pada keluarga kecil saya. Alhamdulillah ada hasilnya. Mampu mempererat hubungan saya dengan suami dan anak-anak. Memijat sambil mendengarkan anak bercerita tentang apa saja terutama tentang kegiatan di sekolah, teman-teman,  inspirasi, imaginasi dan mimpi mereka. Membuat kehidupan kami semakin bahagia.
                Cukup tidur itu penting. Sepenting apa ... ?
·         Tidur nyenyak membuat tubuh mampu memperbaiki sel-sel rusak.
·         Memperbaiki kondisi mental bahkan mampu memperbaiki konsentrasi dan daya ingat.
·         Membuat sistim  imun tubuh bekerja dengan baik.
·         Memmberi waktu bagi neurons untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada siang hari.
·         Kulit akan memperbaiki diri, termasuk kerusakan akibat sinar ultraviolet.
·         Keseimbangan hormon lebih terjaga.
Semoga ada guna dan manfaatnya. Selamat tidur ... semoga selalu sehat dan bahagia. Amin.
               


Reaksi:

10 komentar:

  1. dulu saya juga suka sekali merendam kaki sebelum tidur, emang maknyusss ... tapi sekarang susah :( abis pas mo tidur udah capek banget ... tepar aja gitu hehehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kalau bisa seperti itu. Tepar ???

    BalasHapus
  3. Wah selain bisa bikin enak tidur, rendam kaki dgn air hangat bisa buat kaki mulus juga ya nggak Bu Puspita? Hehehe... Mama saya biasa rendam kaki utk mengatasi masalah kaki pecah2 tuh Bu :-D

    BalasHapus
  4. Benar, rendam kaki memang banyak manfaatnya. Bisa ditambah garam. Bisa juga menghilangkan pegal-pegal.

    BalasHapus
  5. Terimakasih tips nya ibu guru...kadang saya juga mahasiswa slalu tidur malam karena mengerjakan tugas yang mnumpuk dri dosen

    BalasHapus
  6. Wah, kayaknya boleh dicoba nih :)

    BalasHapus
  7. Jadi ingat zaman mahasiswa...jika kelelahan setelah seharian kuliah dan praktikum yang terus berdiri, malamnya kaki direndam dengan air hangat yang telah diberi garam....setelah itu tidur dengan kaki diangkat (lebih tinggi dibanding bantal). Alhamdulillah, rasa capek hilang dan langsung mengantuk.

    Kalau dipijit sih mau mbak, yang mijit tak selalu tersedia orangnya.

    BalasHapus
  8. wah tipsnya menarik bu guru, saya tergolong orang yang sulit tidur, ....

    BalasHapus
  9. iya mba, tepar = capek yang teramat sangat, jadi bahkan terkadang langsung bluk aja di kasur, tanpa sempat bersih2 malah :(

    BalasHapus
  10. kami menyediakan Herbal Rendaman Kaki.....http://amelialulur.blogspot.com/2011/10/rendaman-kaki-foot-spa.html

    BalasHapus