Posting Terbaru

Selasa, 05 Mei 2009

Mau Berhasil? Cari Kegagalan Sebanyak-banyaknya

Membaca judul artikel ini, mungkin kening Anda akan berkerut. Kok bisa, mencari keberhasilan tapi malah kegagalan yang dikejar?. Ini fenomena yang ada dalam masyarakat yang perlu kita pelajari, dan terus menerus kita harus berjuang untuk menguraikan maksudnya.
Belajar pada Thomas Alfa Edison, beliau tidak akan pernah mendapatkan ribuan hak paten dari hasil karyanya jika tidak pernah mengalami ribuan kegagalan. Tapi Thomas adalah seorang teladan, belau tidak pernah berpikir tentang kegagaln melainkan selalu positif thinking menghadapinya.
Ada banyak ungkapan para tokoh dunia maupun nasional yang telah sukses, mereka menyatakan, kalau mau berhasil carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Bagaimana mungkin?. Berdasarkan pengalaman, semakin banyak kegagalan, justru membuat kemungkinan keberhasilan semakin besar. Tanpa kegagalan tidak mungkin ada keberhasilan, semakin besar resiko makin besar pula hasilnya.

Dalam setiap kegagalan, jangan baca depannya, tapi baca belakangnya. Why? Why? Why? Kenapa gagal? Kita harus yakin, dibalik satu kegagalan terdapat dua keberhasilan. Jadi pada prinsipnya kegagalan merupakan sebuah karunia, bukan malapetaka.
Semakin banyak kegagal, akan memunculkan banyak pertanyaaan, mengapa gagal?, semakin banyak pertanyaan, akan semakin banyak pula jawabannya. Jawaban itu akan menjadi ilmu baru dalam melangkah lebih jauh.
Setiap kali gagal, kita harus melangkah dan jangan pernah berhenti. Karena kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita berhenti. Ingat hukum I Newton (Hukum Kelembaman), setiap benda bersifat lembam atau inersia adalah setiap benda selalu ingin mempertahankan kedudukannya. “Setiap benda yang bergerak selalu ingin terus menerus bergerak, sedangkan benda yang diam akan terus menerus diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut”.
Kesimpulannya, kalau mau sukses atau berhasil, cari kegagal, cari kekecewaan, cari air mata. Karena sukses itu hanyalah sebuah titik di puncak segunung kegagalan.


Reaksi:

10 komentar:

  1. Bu pus, guru mata pelajaran apa?

    BalasHapus
  2. Saya guru Fisika dan IPA di SMK.

    BalasHapus
  3. inspiring banget bu'.. terimakasih.. salam kenal ^_^

    BalasHapus
  4. Terima kasih kunjungannya.

    Belum apa-apa, semua ini baru belajar, dan berharap ada gunanya.

    Salam kenal juga.

    BalasHapus
  5. wah kalau gitu nanti saya akan jadi orang berhasil dong bu karena setiap mau mencoba sesuatu pasti gagal dulu yg saya dapat

    BalasHapus
  6. Pasti, kalau Aan mau terus berjuang untuk mencari ilmu setiap kali menemui kegagalan.

    Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan sukses; tapi sayang' mereka kemudian menyerah (Thomas Alpa Edison)

    Yang paling penting 'bersemangat'!

    BalasHapus
  7. ah ibu saya ingin mencari kegagalan ,....biar kesuksesan dekat dengan saya.amin

    BalasHapus
  8. Amin ... amin. Setahu ibu selama ini kita sudah sering dekat dengan puluhan kegagalan dan berjuang untuk bisa. Bahkan Blog ini menjadi ramai pengunjung karena hasil kegagalanmu juga, khan?!. Terima kasih 'Fer.

    BalasHapus
  9. iya bu...bagus sekali untuk mendobrak mental anak2, tapi disekolah kita ternyata lain dari yang lain kenapa ya...

    BalasHapus