Posting Terbaru

Jumat, 22 Mei 2009

Masalah adalah Kesempatan

Alkisah ada seorang pengusaha yang sedang mengalami krisis dalam bisnisnya. Suatu hari, sewaktu berjalan melewati sebuah rumah, ia mendengar percakapan antara seorang kakak dan adiknya. Kakaknya sedang menyetrika baju. Adikya, yang ingin membaca buku, tidak bis menyalakan lampu karena hanya ada satu colokan.

“Kak, cepat sedikit, tanpa lampu, aku tidak bias membaca!” kata adiknya.
“Tunggu sebentar, akan selesai!”
“Selesai, selesai, sudah 20 menit, kok belum selesai?”
Setelah mendengar percakapan kaka beradik itu, pengusaha langsung puny aide. “Dengan satu kabel memang tidak pas, kenapa tidak membuat colokan dua sisi?” gumam si pengusaha.
Pengusaha itupun mulai memikirkan permasalahan tersebut dan akhirnya, terciptalah sebuah colokan serbaguna. Bahan rekayasanya mendapat sambutan hangat di pasaran, ia pun akhirnya memperoleh keuntungan yang sangat besar.
Setiap permasalahn sebenarnya mengandung kesempatan luar biasa bagi orang yang mampu melihat dan memanfaatkannya. Jangan selalu menganggap masalah sebagai batu sandungan. Sebaliknya, Jadikan setiap masalah sebagai peluang untuk sukses. Dibalik satu masalah selalau ada dua peluang keberhasilan atau kesempatan. Setiap ada masalah, lebih sering kita hanya fokus pada permasalahan, sehingga kehilangan kesempatan untuk berhasil. Semuanya kembali pada pikiran kita.
Ketika menghadapi masalah bukan hanya positive thingking yang diperlukan melainkan diperlukan positive imagination (kekuatan kehendak = will power). Ada kekuatan luar biasa yang tersembunyi dalam positive imagination. Imagination = will power2. Masalah Will Power akan kita bahas pada artikel berikutnya.
Selamat berjuang!.


Reaksi:

34 komentar:

  1. Horay, i'm the first! :P

    tentu tanpa will power kita gak dapat ngelakuin sesuatu ;)

    BalasHapus
  2. Hebat, sepengamatan ibu dirimu memiliki positive imagination yang luar biasa tinggi oleh karena itu teruslah berjuang mengikuti imaginatimu.

    Positive imagination bekerja di otak bawah sadar maka kekuatannya 9x lipat dibandingkan positive thingking yang bekerja di otak sadar.

    Pada prinsipnya manusia menggunakan 10% otak sadar dan 90% otak tak sadar. Kapan-kapan kita bahas dalam artikel tersendiri.

    BalasHapus
  3. wah, ini bener bu guru...
    melihat tekanan dari sisi positif, melihat masalah dari titik berbeda... :D
    trims infonya bu guru :D

    BalasHapus
  4. makasih bu,... atas pencerahan singkat dan padat.
    Kita jangan menghindar dari suatu masalah, namun kita perlu menghadapi masalah itu karena pada dasarnya dibalik masalah itu ada hikmah yang besar.
    positive thingking dan positive imagination hal baru bagi saya.

    BalasHapus
  5. kreatifitas tidak pernah bisa dihalangi atau dibendung. Ide bisa muncul dari mana saja. Bahkan seringkali kreatifitas muncul dari keterbatsan. Kuncinya cuma tidak mau menyerah dan berpangku tangan. Maju terus ....

    BalasHapus
  6. @Odie; terima kasih kembali.

    @Seti@wan Dirgant@Ra; menghindar dari masalah bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Setiap hari kita memang harus belajar, belajar banyak hal dari mana saja. Alam seringkali memberi pembelajaran pada kita utnuk diamati, dicermati, dinikmati dan disikapi. terima kasih perhatiannya.

    @BangDje; Kreatifitas memang tidak bisa dibendung dan dihalangi, namun sayang sekali karena berasumsi karena prestasi, banyak imajinasi yang ndak berani muncul ke permukaan. Keterbatasan seringkli mampu menghasilkan kreatifitas dan ide-ide baru. Bersemangat!. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Masalah akan selalu ada dalam hidup ini tinggal bagaimana kita secara bjak bisa mengatasinya karena pada setiap masalah pastilah ada hikmah yang bisa kita petik di sebaliknya

    BalasHapus
  8. Sebetulnya invensi (penemuan) muncul karena ada kebutuhan atau ada masalah yang terjadi. Seperti penemu walkman, disebabkan si kakek ingin mengajak cucunya jalan-jalan, tapi cucu ini senang mendengarkan lagu2 dari radio. Muncullah ide membuat walkman...kebetulan si kakek adalah Sonny...

    BalasHapus
  9. salam kenal dulu toh...?

    BalasHapus
  10. sepakat masalah adalah kesmpatan
    dalam memvenahi diri

    BalasHapus
  11. Masalah yang sederhana melahirkan pemikiran sederhana dan menjadi sesuatu yang luar biasa.
    Hebaaat.......

    Tapi, kenapa saat sudah ada setrika listrik belum ada colokan dua sisi / T / Stop Kontak Paralel ???

    BalasHapus
  12. @Mbak Ratna; luar biasa ilmu baru lagi nih. Anda memang luar biasa.

    @tuyi; salam kenal kembali

    @Bunga raya; ok!

    @Miftahur; colokannya ada namun yang paralel belum ada. He3X! Makasih kritisinya. Anda luar biasa.

    BalasHapus
  13. aku datang bawa satu ponit sob

    BalasHapus
  14. Terima kasih. Semoga Tuhan membalas kebaikan Anda. Amin.

    BalasHapus
  15. columbus menemukan benua amerika juga karena sebuah kesalahan bu.. iya tho? tapi lihat kesalahan columbus akan perkiraan bahwa itu india malah membuat amerika sekarang menajdi sebuah negera dengan beribu kesempatan.

    BalasHapus
  16. saya setuju ajah deh bu...

    BalasHapus
  17. @mas icang; Sepengetahuan saya, sebagian besar hasil penemuan dan hasil tehnologi bersal dari kesalahan, maka tidaklah salah kalau Thomas Alfa Edison menyatakan, beliau tidak pernah gagal melainkan menemukan ilmu baru dan pengalaman baru meskipun orang lain mengejek kegagalannya. Luar biasa. Terima kasih mas.

    @gubrik; maturnuwun mas.

    BalasHapus
  18. Aku mampir pagi bu,.... semoga hari ini lebih bersemangat. Makasih udah mampir, saya baru dalam tahap belajar.
    Oh,.. yah aku pasang linknya diblog update yah, biar tidak ketinggalan kalau ada postingan baru.

    BalasHapus
  19. yup..memang kita harus pintar untuk membaca masalah yang ada...walaupun belum bisa menyelesaikan setiap permasalahan...pasti ada "tambahan ilmu/pengalaman" di dalamnya ';)

    BalasHapus
  20. weh...memang perlu dicermati bu untuk setiap masalah...semoga kita selalu dapat menyelesaikan masalah kita..

    BalasHapus
  21. bu masalah kok di katakan kesempatan seharusnya hal yg perlu di pelajari

    BalasHapus
  22. bu ini blog saya huda tm3

    BalasHapus
  23. tentu ada masalah pasti ada kesempatan . Contohnya bu ada masalah tsunami di aceh itu membuka kesempatan para peneliti untuk meneliti apakah penyebab tsunami itu. bener kan

    BalasHapus
  24. bu doakan saya agar saya sukses

    BalasHapus
  25. bU INi s4y4 m4rJOko Te2.m44f Bu b4RU ngIrIM bLOg s4y4.bu jAnGAn lP4 bEri nILai yG BAgus yA bU....!!!!

    BalasHapus
  26. aSs"
    mA4F bU,,saYA Bru nGiriM BLOg
    iNI bLog AquW D14n 5UROYA TM 3.....OKey bUU,!!!!
    wASs"

    BalasHapus
  27. bu ini q islamudin ni Blok saya

    BalasHapus
  28. oh postinganya bagus sekali boleh kopi ya .... eeeee itu langgar aturan ngeblog ya soorrry

    BalasHapus
  29. bu...ini blog sya prastian adi tm3....?mcih ingat kn bu ma aq....?stlah aq brsha membuat blog akhrnya saya bsa jga bu...?ini berkat doa ibu jga.sory z bu...blog saya mcih ksong n ' jangn lpa kcuh nilai yang bgus z bu...?lz

    BalasHapus
  30. bu...?sya sdah krim blog loch....

    BalasHapus
  31. bu ini saya alfian nur ,blognya bagus.

    BalasHapus