Posting Terbaru

Minggu, 30 Agustus 2009

Ngeblog Mampu Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Siswa


Setiap anak di lahirkan special, namun pendidikan di Indonesia cenderung membentuk anggapan umum bahwa; ada anak yang dilahirkan jenius dan ada anak yang dilahirkan bodoh. Pada dasarnya tidak ada anak yang dilahirkan bodoh.

Sebenarnya kemampuan berpikir setiap individu bisa ditingkatkan kualitasnya menjadi semacam keterampilan. Sering saya merenung mengapa saya tidak terampil berpikir, benarkah karena saya merupakan produk pendidkan masa lampau, atau karena kesalahan saya sendiri.
Kemudian bagaimana produk yang sudah saya hasilkan sebagai guru di masa kini?. Permasalahan ini selalu menjadi perenunganku sebagai guru. Saya terus memohon kepada Allah SWT supaya diberi kesempatan belajar pada ahlinya, dan Alhamdulillah saya sudah sering mendapatkannya diberi kesempatan Diklat Tingkat Nasional 2 kali dan Regional Jatim 2 kali, padahal masih banyak teman-teman guru yang sama sekali belum mendapatkan kesempatan seperti saya.
Salah satu hasil perenungan saya yang sedang coba terapkan pada diri saya dan siswa saya adalah belajar ngeblog. Menurut analisa saya, ngeblog dapat meningkatkan ketrampilan berpikir baik siswa maupun guru.
Salah satu ketrampilan berpikir yang menarik perhatian saya adalah PMI (Plus Minus Interesting) yang dirancang oleh Dr.Edward de Bono. Menurut beliau untuk bisa trampil "mengemudikan otak" kita, ada sejumlah tehnik atau alat berpikir yang bisa dipelajari dan dilatih. Semakin sering anak anda mempratekkannya, akan kian trampil mereka berpikir. Dan berhubung jenis ketrampilan tersebut jarang diajarkan di sekolah, maka selaku orang tua anda perlu melengkapi pendidikan formal anak dengan latihan-latihan tehnik berpikir (seperti yang antara lain dirancang oleh Dr.Edward de Bono).
Ketrampilan berpikir jarang diajarkan di sekolah, saya jadi tertantang untuk mempelajarinya dan berjuang untuk meningkatkan ketrampilan berpikir siswa saya, salah satu upaya saya mengajak siswa ngeblog.
PMI (Plus Minus Interesting): bertujuan memperluas persepsi atau wawasan pikiran anak dengan mengarahkan perhatian pada segi-segi : baik, buruk dan menarik dari ide-ide atau situasi yang dihadapi. Latihan teknik ini menjadi penting mengingat kebiasaan banyak orang (orang dewasa tidak terkecuali) untuk memandang berbagai hal hanya terbatas dari satu segi.
Cuma yang positif atau yang baik-baiknya saja, yang negatif atau buruknya semata ; dan nyaris tak pernah mencoba menemukan segi-segi menarik atau unik yang ada padanya. Tanpa PMI kebanyakan penilaian didasarkan bukan pada bobot gagasan itu sendiri, tapi pada emosi anda pada saat itu. . Dengan PMI anda memutuskan apakah anda suka atau tidak pada gagasan tertentu sesudah anda menjelajahinya bukan sebelumnya.
Saya yakin ngeblog dapat meningkatkan ketrampilan berpikir siswa, karena saya sudah mengalaminya sendiri dan merasakan dampak positif dari ngeblog.
Semoga ide sederhana saya ada gunanya dimasa datang. Amin.

Reaksi:

15 komentar:

  1. iya , itu benar.. di SMA saya sejak awal kls X sudah diperkenalkan dengan blog, sehingga sekarang sudah menjamur budaya nge'blog.. setiap siswa wajib punya blog..tetapi sangat disayangkan kebanyakan blognya jarang di urus, mungkin tidak ada wktu..
    setelah ada pembelajaran tntng blog trsbut ternyata diadakan lomba blog, yang mensupport blogdetik.com . :D

    BalasHapus
  2. Ide yang Kreatif,...
    Disamping meningkatkan minat baca seperti yang pernah mbak posting sebelumnya, juga dapat meningkatkan ketrampilan berpikir siswa.
    Keep blogging....

    BalasHapus
  3. @Silviana; bagi-bagi ilmunya.

    @Seti@wan Dirgant@Ra; terima kasih motivasinya.Sukses selalu.

    BalasHapus
  4. yang jelas dengan ngeblog, mau nulis apa aja bisa dengan gampang dan lancar mengalir. Kalau yang nggak pernah ngeblog, mau nyeritain kejadian seharian tadi saja macet harus mulai dari mana...

    BalasHapus
  5. Salut buat guru yang masih mau mencoba inovasi utk peningkatan kualitas belajar siswa. sebab bnyk di lapangan para guru senior yg sudah merasa "nyaman " dengan model pengajaran "transfer ilmu" tanpa mau mengamalkan metode2 baru yg inovatif. sukses terus mbak...

    BalasHapus
  6. @Wigit; terima kasih perjuangannya.
    @mas nDop; kalau ide macet nangis wae mas. Ha3x. Terima kasih.
    @Rosi; terima kasih motivasinya. Saya belum apa-apa.

    BalasHapus
  7. 1 siswa 1 blog :)
    Mungkin untuk melanggengkan blog siswa, perlu juga "sedikit dipaksa" dengan menulis kegiatan atau PR yg lain di blognya seminggu sekali...diharapkan kalo dah biasa nulis di blog, jadi ada yg kurang kalo ndak nulis :)

    Salam kenal juga, bu Guru

    BalasHapus
  8. Saya sudah berusaha memaksa namun sayang terhambat dana, sebagian siswa kami berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendatangi warnet mereka harus menabung dulu.

    BalasHapus
  9. Dengan ngeblog menjadikan kita mau selalu belajar dan peka

    Keep on blogging salam kenal

    BalasHapus
  10. Salam kenal kembali.

    Ngeblog juga mampu peningkatkan kepekaan sosial pemiliknya.

    BalasHapus
  11. saya setuju, tapi masih juga sulit menjawab mengapa saya tidak pintar

    BalasHapus
  12. bu...ni saya buat blog lagi...
    eurgh...
    menyenangkan tapi susah...

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum...!
    bu,,, sya sedih skali... blog sya yg duku sulit di buka...
    apa mungkin saya kurang ilmunya ya Bu?
    tolong bantu saya bu,,,
    *-*
    oya bu, kmren kan sya udah kumpulkan tugas 'limbah" jd g usah buat dulu ya bu... nant biar sya tambahkan. wassalamu'alaikum...

    BalasHapus