Posting Terbaru

Senin, 24 Agustus 2009

LIMBAH WUDHU


Di setiap rumah orang muslim pasti memilikinya, namun sayang sekali limbah ini tidak dimanfaatkan secara maksimal, padahal air limbah wudhu sangat bermanfaat, apalagi di masa pemanasan global seperti saat ini.
Jika dalam satu rumah terdapat 4 orang penghuni maka setiap hari memiliki minimal 20 timba air limbah wudhu bisa ditampung, air ini bisa dipakai untuk merawat puluhan pot tanaman hias, tanaman obat dan sayur yang kita tanam di halaman rumah, dan hasilnya lebih baik dibandingkan disiram dengan air biasa, saya berani menulis artikel ini karena sudah saya teliti selama beberapa tahun.

Cara mudahnya; kita tampung limbah wudhu kita ke dalam timba selesai wudhu kita pakai menyiram tanaman, mudah dilaksanakan dan hemat biaya. Segi manfaatnya ada apalagi segi ekonomisnya jelas irit energi.
Sayang air limbah wudhu selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal, andai semua keluarga mau memanfaatkan secara maksimal maka Indonesia akan semakin hijau dampak pemanasan global sedikit berkurang. Setiap hari kita bisa menghirup udara bersih, minimal di sekitar rumah.
Kita bisa belajar tentang bentuk Kristal air yang telah di beri doa kepada Masaru Emoto dalam bukunya The True Power Of Water.
Semoga ide sederhana ini ada manfaatnya. Amin.

Reaksi:

33 komentar:

  1. Nice posting mbak,...
    Jadi ingat mushallah di Kampung. Kami dulu pernah membangun sumur serapan untuk menampung rembesan air wudhu (kami tidak menggunakan istilah limbah),yang selanjutnya dipompa untuk menyiram tanaman disekitar Mushallah.....

    BalasHapus
  2. Menarik sekali. Konsep ini bisa diterapkan untuk musholla/mesjid. Tinggal masalah teknis. Berarti harus dipisahkan saluran dari tempat wudhu dan toilet. Saya kira tidak sulit.
    Info yang bermanfaat.
    @ Setiawan : bisa bagi-bagi dong pengalamannya ...

    BalasHapus
  3. bener buu...jadi limbahnya air wudhu nggak terbuang sia-sia.

    BalasHapus
  4. Sebegitunyakah,pus...? Oh, baru tahu lho....Trims yaaa...mungkin karena berkahnya kali yaa bisa jadi subur gitu efeknya....

    BalasHapus
  5. @Seti@wan Dirgant@ra; oalah aku ini masih belajar. Kapan bisa berkarya sehebat Bapak?. Semoga besuk. Amin.

    @Bang Dje; benar Bang, sebelum ke musholla saya terapkan di rumah dulu.

    @Akhza Music News; ide sederhana.

    @bloganaksmk; iya kita harus mampu memanfaatkan air wudhu secara maksimal.

    @ammadis blog; karena doanya, akan lebih baik hasilnya jika ember/timbanya ditempeli tulisan kasih sayang/cinta kasih.

    BalasHapus
  6. bener sekali mbak..
    dengan demikian, kita akan lebih menghargai air..
    tidak mubazir...
    nice artikel ..
    salam

    BalasHapus
  7. oh, iya juga ya...

    doa yang terbaca dia air itu...

    BalasHapus
  8. Mantabbb mbak, limbah wudhu emang mujarab...semoga semua orang tahu

    BalasHapus
  9. waaaah beneran ya... keknya iya yah, soalnya khan penuh doa2 ya airnya ntu...

    BalasHapus
  10. Salam ziarah di sore ramadan

    BalasHapus
  11. saya percaya hal ini, mari kita mulai. dengan diri kita

    BalasHapus
  12. wah, bemnar sekali, bu pita. karena mengandung rahmat, pasti limbah wudhu ini sangat bermanfaat utk menjaga kesuburan tanah.

    BalasHapus
  13. wah nice tips neh mbak Puspita memang apapun itu tetap bisa dimanfaatkan secara positif jika kita memang sungguh2 mau... bukan begitu mbak Puspita? :)

    BalasHapus
  14. Ide yang bagus, apalagi air makin langka sekarang. Jadi ingat saat kecil, jika mencuci beras, maka air bekas cucian untuk menyiram bunga, selain bunganya tambah subur, maka air tak terbuang sia-sia.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr Wb...

    Salam kenal Ibu...
    Ide yang menarik dan bermanfaat, serta mudah dilaksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari...

    BalasHapus
  16. bundo sedang maen ke rumah puspita.. langsung dapat ilmu.
    menampung air limbah wudhu untuk menyiram tanaman.. subhanallah, ide bagus..!

    BalasHapus
  17. Subhananallah ide yang brilian Bu Pus...
    Okey, dech mulai besok, limbah wudhu saya tampung untuk menyiram bunga2...

    Thak's ide kreatifnya...

    BalasHapus
  18. Ide yang bagus, sejalan dengan perintah-Nya. "Sesungguhnya mubadzir adalah perbuatan syaitan"
    Dengan ide ini, kita bisa meminimalisir perbuatan itu.

    BalasHapus
  19. terobosn baru yah. menarik sekali

    BalasHapus
  20. kalo bisa di convert aja yah biar jadi pupuk air wudhunya

    BalasHapus
  21. wah kok bisa2nya nyampe kesana ya pemikiranyaa...
    mantao dan bermanfaat juga...
    salam kenal ya dari kami

    BalasHapus
  22. Para Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  23. ya. dg begitu bisa menghemat air. jadi kita gak buang air lagi untuk menyiram tanaman. cukup gunakan limbah wudhu.

    BalasHapus
  24. Wah saya baru dengar nih yang seperti ini. Informasi baru. Mungkin air memang senyawa yang "ajaib" masih banyak misterinya yang harus dipecahkan oleh sains modern...

    BalasHapus
  25. Salam Sahabatku....
    Kunjungan perdana, salam kenal aja dulu...
    Maaf, saya memang hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah, saya sudah benar-benar insyaf.
    Satu yg membuat saya yakin bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik, yaitu Kuasa Tuhan. Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin.
    Selama kita mau berusaha, pasti jalan untuk itu akan terbuka.
    Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, kalo sahabatku berkenan, saya tunggu motivasinya buat saya di Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

    Trimakasih Sahabatku.
    Salam.

    BalasHapus
  26. Aku suka teorinya Masaru Emoto, itu membuktikan bahwa tiap makhluk ciptaan Tuhan itu memiliki energi. Dan cinta adalah jenis energi yang paling positif.
    Mbak, aku ada award buat mbak. Ambil di blogku yg Curhat Fanda ya.

    BalasHapus
  27. Sebuah gagasan yg harus direalisasikan

    BalasHapus
  28. bener bgt........., q se7 dah

    BalasHapus