Posting Terbaru

Sabtu, 11 Juli 2009

Blogwalking = Belajar


Sering kita mendengar komentar negatife beberapa teman tentang blogwalking. Ada banyak teman yang mengatakan blogwalking hanya buang-buang waktu, tenaga dan pikiran. Pada dasarnya, dengan blogwalking kita bisa mengenal pola pikir/ ide banyak teman. Ada banyak permasalahan yang tidak kita pikirkan sebelumnya ternyata dipikirkan oleh orang lain. Seringkali sepulang blogwalking muncul ide-ide baru untuk menulis.

Andai saya tidak memiliki blog mungkin saya hanyalah seorang guru yang sedikit takut mengajarkan tehnologi atau takut mengajak siswa belajar tehnologi dan memanfaatkan tehnologi. Gaptek (gagap tehnologi), mungkin bagiku tidak masalah, karena saya sudah tua. Namun bagaimana dengan kedua putraku dan siswa-siswaku?.
Ada banyak pengalaman yang menarik dan membahagiakan selama saya melakukan blogwalking; saya bertemu dengan banyak teman yang karyanya luar biasa, ulasan-ulasannya menyentuh hati, nyaman dan damai setiap kali berkunjung dan membaca karya-karya beliau, ada yang membuat saya jengkel tapi selalu membuatku kangen mengunjungi blognya, adapula yang bikin senewen, ada yang sangat rekreatif mampu mengajakku mengunjungi daerah-daerah wisata yang di ceritakannya/dipaparkan dan masih banyak lagi.
Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kegiatan blogwalking.
Bahkan saya sempat bercerita pada beberapa tokoh pendidikan di Indonesia tentang fakta di lapangan, begitu banyak siswa-siswa SMP yang memiliki karya luar biasa. Banyak tokoh pendidikan bicara masalah perkembangan pendidikan di Indonesia, namun karena Beliau-beliau tidak pernah punya kesempatan atau tidak pernah menyempatkan diri untuk blogwalking, sebagian besar tidak mengetahui perkembangan pola pikir di kalangan generasi muda Indonesia. Tidak memahami, Loncatan Pemikiran Generasi Muda Indonesia yang sangat luar biasa.
Saya sering belajar pada generasi muda, bahkan sebagian besar masih duduk di bangsu SMP. Luar biasa. Sudah waktunya generasi tua tidak malu belajar pada yang muda.
Orang tua, guru dan masyarakat di era global ini wajib belajar dan terus belajar, terutama masalah perkembangan tehnologi. Kalau tidak mau belajar dikawatirkan terjadi miss komunikasi antar dua generasi. Andai hal ini terjadi, sangatlah disayangkan. Karena sebenarnya bisa dihindari. Saling berbagi diantara dua generasi yang berbeda pola pikir, asah, asuh dan pengalaman. Pasti membahagiakan.
Di saat kegiatan PKK, rasa-sayanya ingin sekali mengajak ibu-ibu blogwalking, dengan harapan ibu-ibu berani menuliskan ide-idenya dan mempostingkan karya-karyanya. Namun sayang sampai hari ini masih menjadi harapan dan impian, karena di Kelurahan belum ada fasilitas internet. Namun saya yakin suatu saat impian saya pasti terwujud.
Andai para ibu memiliki blog, sebagian waktu dan pikirannya digunakan untuk kegiatan positif dan produktif. Bukan habis di depan televisi dan menjadikan ibu-ibu tidak produktif, bahkan cenderung emosional karena asyik dengan acara televisi , sehingga lupa mengembangkan diri. Andai ibu-ibu sudah berani berkarya, pasti Indonesia sedikit demi sedikit akan menjadi Negara yang produktif bukan konsumtif, karena generasi mudanya mendapat suri tauladan dari generasi sebelumnya (ibunya).
Pada masa kecil saya, nenek dan ibu setiap hari sibuk bercerita tentang sejarah, kisah-kisah ketauladan, kepahlawanan, ketangkasan kebijaksanaan serta kebajikan, di saat selesai belajar dan berangkat tidur. Namun, Nenek dan ibu sekarang sibuk dengan sinetron. Sebuah kondisi yang memprihatinkan.
Tidak mungkin mengharapkan semua orang setuju dengan pendapat saya, namun dunia maya memang sudah waktunya menjadi bagian dari hidup kita untuk belajar. Sekali lagi untuk belajar. Menjadi generasi pembelajar.
Semuanya memang kembali pada niatnya. Kalau blogwalking hanya untuk iseng saja, dapatnya keisengan belaka. Namun kalau niatnya mencari ilmu, pasti banyak ilmu yang kita dapatkan.
Jadikan kegiatan blogwalking sebagai kegiatan belajar dan terus menerus belajar.
Selamat berjuang.


Reaksi:

39 komentar:

  1. Mari blogwalking, mari belajar...
    Sukses buat para pembelajar

    BalasHapus
  2. Mari belajar dan terus menerus belajar.

    BalasHapus
  3. BW (Blogwalking) banyak manfaatnya, namun juga perlu waktu...dan waktu inilah yang terkadang kurang karena kesibukan

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah masih bisa blogwalking kesini,...

    BalasHapus
  5. @Kangboed; hidup Kang
    @Mbak Ratna; tentu saja kita blogwalking kalau ada wktu daripada sibuk nonton sinetron.
    @Seti@wan Dirgant@Ra; Alhamdulillah Bapak.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Salam kenal terima kasih sudah berkunjung :D

    BalasHapus
  7. iya nie, belajar tidak mengenal usia.. entah tua atau muda, tiap hari juga pasti belajar :)

    BalasHapus
  8. @kuliah gratis; terima kasih kembali
    @nara; belajar memang tidak mengenal usia.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Ya itulah mungkin ya yang dinamakan roda kehidupan :)

    BalasHapus
  10. Kita dilahirkan memang untuk belajar.

    BalasHapus
  11. bentar copas dulu:
    "saya yakin suatu saat impian saya pasti terwujud"

    Selama kita gag brenti bermimpi dan saat bangun langsung merealisasikannya, mimpi kita akan benar" terwujud.

    dan bukannya idup trus dalam mimpi, setelah bangun eh malah kembali tidur lagi--abis gimana udara masih dingin banget :P

    BalasHapus
  12. ada masa utk belajar,
    ada masa utk mengejar,
    tersedia waktu utk istighfar...

    there's a time for blogwalking,
    there's a time for sharing,
    there's a chance available for praying...

    "senggang bisa madu,
    senggang bisa jamu,
    senggang bisa sembilu"
    itulah hikmah terpadu,
    kuresap dari postingmu...

    BalasHapus
  13. Setuju, bw memang perlu waktu tapi dari sini kita akan mendapat wawasan baru cakrawala baru sekaligus menjalain silaturakhim. Saya akan berusaha membaca dulu sebelum komen di suatu artikel.

    BalasHapus
  14. benar bu, dengan cara demikianlah (salah satunya) kita bisa saling berbagi ilmu

    BalasHapus
  15. @Fery; selamat berjuang mengejar impianmu. Ibu hanya mampu mendoakan dari jauh.
    @ijoroyoroyo; ada masa menarik nafas, ada masa kehabisan nafas.
    @big sugeng; benar kita harus membaca dulu supaya mendapat cakrawala baru.
    @sunarnosohan; kita memang perlu berbagi ilmu buat sangau ke masa depan.
    Terima kasih

    BalasHapus
  16. memang berbagi ilmu itulah hal yang membuat kita bangga...

    BalasHapus
  17. iya itu semuanya benar tuh...kadang dengan blogwalking bisa mejadi hiburan dan menambah teman selain itu juga kita jadi bisa merasa hidup karena banyak hal dan manfaat yang bisa diambil dari blogwalking...! thanks ya

    BalasHapus
  18. @prasetyo; bangga ya, apalagi ibu sangat bangga melihat hasil karya Angga.
    @angga chen; iya mas, seringkali dengan blogwalking kita bisa merasa bahagia, terasa memiliki banyak saudara.

    BalasHapus
  19. betul bu..tanpa blogwalking kita jg gak punya rekan...yo ye...??? hehe mampir balik ya bu...lam knal..

    BalasHapus
  20. Salah satu kegunaan blogwalking adalah cari teman, tentu saja teman yang memberi manfaat.

    Terima kasih kunjungannya.

    BalasHapus
  21. bener tuh, bu. belajar sampai tua... Semua yang bermanfaat pasti bisa diambil pelajaran di dalamnya.

    BalasHapus
  22. ajib loh, begitu banyak yang bisa didapetin dengan blog walkin.. pertemanan gak saling kenal muka.. keren.. trus ungkapan2 hati dalam.. pengayaan perasaan deh..

    BalasHapus
  23. 1001 macam manfat blogwalking...tuh kan jadi ada ide karena aku blogwalking...judul posting kan bagus tuh...blogwalking banyak bngt manfaatnya,,,,,setuju

    BalasHapus
  24. @muji; semoga ketika sudah jadi nenek-nenek masih mampu blogwalking. Amin.
    @eoin; pengayaan perasaan, setuju oi!
    @suwung; marut nuwun mas Suwung
    @bunga raya; buat artikel dengan judul baru.

    BalasHapus
  25. iya, makanya klo blogwalking jgn fast reading.. ntar gak bisa kserap ilmunya... hehehehe

    BalasHapus
  26. @Ardy Pratama; benar mas jangan fast reading biar mampu menyerap ilmunya. Terima kasih kunjungannya.

    BalasHapus
  27. Blogwalking lagi nih......biar tambah akrab

    BalasHapus
  28. salam kenal dari blogger newbie

    BalasHapus
  29. mari jalan2 sambil belajar, agar tak saling curiga mencurigai, agar tak saling salah menyalahi....hee..hiks.

    BalasHapus
  30. Kanglurik lagi blogwalking neh. Salam kenal ya

    BalasHapus
  31. tetap sehat tetap semangat untuk bisa tetap jalan2 dan blogwalking ke teman2.. ^_^

    belajar adalah kewajiban kita....

    jadi tetap semangat ....

    keep moving forward...

    BalasHapus
  32. @Kuliah Gratis; terima kasih silaturahminya.
    @Maseta; salam kenal kembali
    @patahati; setuju.
    @kanglurik; Salam kenal kembali.
    @Diginet; bersemangat.
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  33. alo.. selamat siang.. dan saya sedang blogwalking ke sini :p

    BalasHapus
  34. setuju banget.. BW emang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  35. betul sekali, mbak. semua tergantung niatnya. bila tujuannya adalah iseng, maka itulah yang diperoleh. namun bila keinginan belajar yang melandasi, maka mudah-mudahan pengetahuan pun bertambah melalui aktivitas ini.

    sama seperti saat saya menyambangi blog mbak pus.

    BalasHapus
  36. @coffeoriental; selamat siang kembali, terima kasih kunjungannya.
    @artivisualizer; terima kasih motivasinya.
    @Marshmallow; terima kasih Uni saya sangat berterima kasih sama Uni, semoga Allah membalas kebaikan Uni.

    BalasHapus
  37. setuju banget mbak... ada manfaat yg bisa diambil dari blogwalking kok...

    BalasHapus