Posting Terbaru

Selasa, 24 Agustus 2010

Melepas Sakit Hati, Jemput Kebahagiaan

“No one can make you jealous, angry, vengeful, or greedy – unless you let him. – Tak seorangpun membuat Anda cemburu, marah, mendendam, atau rakus – kecuali Anda mengijinkannya.” (Napoleon Hill)
Pagi itu tiba-tiba masuk di hpku sebuah pesan sms dari salah satu siswaku. Setelah membaca saya tersenyum malu. Meskipun dia tidak menyebutkan nama saya yakin dia (salah satu siswaku) pengirimnya.
Belum sempat kubalas, masuk lagi pesan sms, “Maafkan saya, ibu”
Saya ini jarang bisa marah namun entah kenapa kemarin saya marah-marah di kelas otomasi. Hanya karena dia terlambat datang ke sekolah. Mungkin karena perasaan sayang padanya, sehingga ketika dia melakukan kesalahan kecil untuk pertama kalinya saya terluka. Tanpa sengaja saya marah-marah  selama 2 x 45 menit.
Sebenarnya dia sudah minta maaf, dan sayapun sudah memaafkannya. Sekali lagi saya tidak mengerti kenapa bisa terjadi. Dia hanya tertunduk diam tanpa kata selama proses belajar mengajar, tidak biasanya juga dia bersikap seperti itu. Saya suka semangatnya, senyum manis dan kreatifitasnya.
Waktu istirahatpun tidak menampakkan batang hidungnya ke perpustakaan sekolah seperti biasanya. Dalam hati saya bertanya, ada masalah apa sebenarnya?. Karena kesibukan pelayanan di perpustakaan saya jadi melupakannya. Sampai pagi ini.
Seperti itulah kehidupan kami di sekolah ketika saya melakukan kesalahan atau bersikap beda pasti ada yang mengingatkan. Begitu pula jika anak-anak melakukan kesalahan atau kenakalan. Kami selalu bahagia berbagi ilmu untuk meraihnya. Meraih kebahagiaan tanpa dihinggapi rasa marah, dendam, iri dan dengki.
Menyimpan rasa kecewa dan marah maupun dendam merupakan pekerjaan buang-buang waktu saja merugikan hati nurani merusak jasmani. Kirimi saja doa pada orang yang sudah membuat kita sakit hati atau kecewa. Membuat hidup senang dan bahagia. Bikin awet muda.
Kemudian kubalas smsnya, “Maafkan ibu juga”

Reaksi:

12 komentar:

  1. BU ini blog baru saya........

    BalasHapus
  2. Selamat. Ibu tunggu karya terbaikmu.

    BalasHapus
  3. bu ini blog baru saya,alhamdulillah akhirnya bisa buat blog sendiri.

    BalasHapus
  4. @Bahtiar; langsung ke TKP
    @black dead; hai juga!
    @haric; Ibu ibut bahagia.

    BalasHapus
  5. Terkadang kita perlu marah, tetapi hendaknya dalam batas-batas yang wajar.

    BalasHapus
  6. bener bu gak usah diambil pusing nanti malah mengalami percepatan penuaan

    BalasHapus
  7. askum
    saya ahmad nur kholis kelas XI OTOMASI

    BalasHapus
  8. , , , , , assalamualaikum , , , , , ,
    bu di blog saya ada puisi buat beliau, , ,

    BalasHapus
  9. Thanks ya Bu'.artikel ibu' ni sangat bermanfaat bgi saya......,

    BalasHapus
  10. assalamu'alaykum bu ?
    waduh, semakin lama semakin berkembang bu,,,, saya empty 1 tahun saja sudah sangat ketinggalan ni.

    BalasHapus